Sabtu, 19 Maret 2016

6 Kesalahan Pemicu Insomnia yang Sering Dilakukan Sebelum Tidur


Setiap orang butuhtidur yang berkualitas di malam hari, karena tubuh perlu waktu beristirahat agar kesehatannya selalu terjaga dan metabolisme stabil. Namun tak sedikit orang yang mengalami kesulitan tidur bahkan insomnia. Kurang tidur bisa membuat tubuh lesu, lemas, memicu obesitas bahkan bisa membuat berbagai penyakit mudah menyerang. Kenapa seseorang bisa sulit tidur padahal aktivitas di siang harinya cukup padat? Ini beberapa kesalahan yang mungkin sering Anda lakukan sebelum tidur.

1.      Makan Malam Terlalu Banyak
Menyantap makanan yang berlebihan di malam hari akan membuat Anda sulit terlelap, terutama jika menunya banyak mengandung protein. Protein lebih sulit dicerna oleh tubuh ketimbang nutrisi lainnya sehingga membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras semalaman. Perlu diketahui, tubuh manusia tidak diciptakan untuk mencerna makanan saat tidur dan itulah yang menyebabkan seseorang sulit tidur nyenyak. Hindari makanan yang tinggi protein di malam hari, atau Anda bisa menyantapnya minimal tiga jam sebelum jam tidur. Hal ini juga berlaku untuk karbohidrat, usahakan tidak mengonsumsi banyak karbohidrat atau makanan tinggi gula karena bisa membuat otak lebih aktif.
2.      Minum Alkohol
Banyak orang menganggap minum alkohol bisa membantu lebih cepat tidur, tapi efek yang ditimbulkan justru sebaliknya. Alkohol menyebabkan Anda lebih lama dalam fase tidur deep sleep daripada REM sleep (fase di mana Anda bermimpi, dengan bola mata yang aktif bergerak). Kondisi yang terlalu lama dalam fase deep sleep berdampak negatif bagi kesehatan mental karena mengurangi periode fase REM. Fase inilah yang akan meningkatkan kemampuan memori, kognitif dan belajar otak saat tidur.

3.      Minum Kopi di Sore Hari
Kopi mengandung kafein yang berperan sebagai stimulan untuk membuat tubuh tetap dalam kondisi terjaga, biasanya hingga 12 jam setelah diminum. Maka dari itu hindari minum kopi di siang menjelang sore, apalagi di malam hari jika Anda menginginkan waktu tidur yang berkualitas.

4.      Konsumsi Obat Tidur
Obat tidur atau obat penenang memang bisa membuat Anda lebih cepat tidur nyenyak, tapi tidak menyembuhkan akar masalah sebenarnya yang membuat Anda sulit tidur. Sifatnya pun hanya sementara. Begitu pil tidak dikonsumsi maka Anda akan sulit tidur lagi. Selain itu obat tidur juga menimbulkan ketergantungan dan apabila dikonsumsi terus menerus dalam waktu lama akan menyebabkan berbagai macam penyakit mulai dari gangguan jantung, liver sampai ginjal.

5.      Memaksa untuk Tidur
Berbaring dan memaksa untuk terlelap saat Anda sebenarnya sulit tertidur justru akan membuat Anda semakin terjaga. Jangan terlalu memaksakan diri agar tertidur tapi lakukanlah kegiatan yang membuat Anda relaks. Misalnya mendengarkan musik bertempo lambat, membaca buku atau berjalan-jalan sebentar di sekitar rumah. Aktivitas ringan ini akan menenangkan Anda sehingga lebih mudah mengantuk dan tertidur.

6.      Nonton TV Sebelum Tidur
Tubuh biasanya akan mengantuk dengan sendirinya begitu hari mulai gelap. Itu adalah siklus alami manusia. Tapi ketika Anda menyalakan TV di waktu malam, cahaya dari layar TV akan membuat sistem sirkadian tubuh bingung. Akhirnya mata kembali terjaga dan tubuh pun kembali 'segar'. Tak hanya TV, komputer, tablet dan smartphone juga menimbulkan efek yang sama. Jadi sebaiknya matikan segala perangkat elektronik begitu Anda beranjak tidur.
============================================
Insomnia adalah gejala kelainan berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Produk yang bisa digunakan untuk membantu penyembuhan insomnia adalah Lecithin, ENBEPE, Natural Royal Jelly.